Selasa, 11 Agustus 2009

E-Commerce dan Manajemen Operasi


E – COMMERCE DAN MANAJEMEN OPERASI

Komunikasi jaringan telah mengalami perkembangan yang signifikan dalam 25 tahun terakhir. Dan saat ini jaringan tidak hanya dinikmati segelintir kalangan, namun telah menjadi sesuatu yang esensial bagi setiap orang. Jaringan pun tidak hanya digunakan untuk berkomunikasi namun sudah mulai digunakan dalam perdagangan yaitu menjadi bagian dari mata rantai perdagangan (e-Commerce).
Hal itu tentu saja tidak serta merta diterima masyarakat. Aspek keamanan masih menjadi salah satu masalah dalam perkembangan e-Commerce. Problem otentifikasi, non-repudiation, kerahasian serta integritas data antara mobile device dan web server mendorong para ahli untuk menggunakan tenik-teknik kriptografi. Aplikasi seperti Public Key Infrastructure (PKI), dan Wireless Transport Layer Security (WTLS), merupakan salah satu contoh penggunaaan kriptografi untuk mendukung E-commerce.
Arif Budiyono. Owner PT. Cinox Media Insani ini menjelaskan mengenai e-commerce Indonesia. E-commerce, seperti yang dijelaskan Arif, adalah penggunaan media elektronik untuk melakukan perniagaan. Terdapat berbagai alasan menggunakan e-commerce, diantaranya kebutuhan pasar, arus pendapatan baru, ledakan pasar, penurunan biaya, dan perpendekkan waktu siklus produk. Sayangnya, untuk e-commerce di Indonesia masih terdapat kekurangan, antara lain infrasturuktur telekomunikasi yang masih mahal, ketidakjelasan hukum, kultur dan kepercayaan, dan keamanan. Namun demikian, walau banyak hambatan, e-commerce Indonesia tidak dapat dihindari karena merupakan tuntutan dari masyarakat. Selain hal tersebut, masih banyak peluang bisnis yang belum digarap di Indonesia.
Dwi larso menyinggung tiga buku yang bisa merepresentasikan tren ke depan. Dalam buku pertama, "The World is Flat", dunia telah saling terhubung berkat adanya internet. Kejadian di suatu tempat dapat berimbas pada daerah lain sehingga tidak lagi terkotak-kotak pada suatu daerah tertentu. Dalam buku yang sama pula dijelaskan bahwa dunia yang telah terhubung semakin sulit untuk dikelola dan perubahan yang terjadi menjadi sulit untuk diprediksi. Buku selanjutnya yang menjadi pembahasan adalah "The Long Tail" dimana dititikberatkan bahwa trennya adalah menjual banyak barang dalam jumlah yang sedikit, serta konsumen dapat berperan sekaligus sebagai produsen. "Jumlah unit kecil tetapi umur produk semakin panjang", ujar Dwi. Buku "A whole new Mind" mengungkapkan untuk ke depan tidak hanya fungsi yang diutamakan, melainkan juga desain.
I. INTERNET
Internet adalah sebuah perkembangan revolusioner untuk mengelola operasi perusahaan. Jaringan computer internasional ini menghubungkan ratusan juta orang dan perusahaan di seluruh dunia. Meskipun dampak internet pada hidup manusia terjadi hanya pada masa awalnya, tetapi dampak internet pada manajemen operasi sangat penting. Teknologi internet memungkinkanadanya integrasi system informasi internal tradisional dan juga peningkatan komunikasi antar-organisasi. Sistem berbasis internet menyatukan aktivitas desain, manufaktur, pengiriman, penjualan dan layanan purna jual.
Internet telah membentuk ulang pola berpikir dalam bisnis memberikan manfaat bagi pelanggannya, berinteraksi dengan para pemasok, dan mengelola karyawannya. Kelebihan utama internet adalah kecepatan, para manajer dapat membuat keputusan dengan informasi yang lebih baik dengan waktu yang jauh lebih cepat daripada sebelumnya.
Berikut ini adalah beberapa contoh penerapan internet :
• Pelanggan yang mengunjungi situs www.dell.com dapat mengatur, memberikan harga, dan memesan computer dalam 24 jam per hari, 7 hari per minggu. Mereka dapat mendapatkan status pesanan terbaru dan informasi pengiriman serta mempunyai akses online terhadap bahan acuan teknis yang sama yang digunakan oleh tim pendukung Dell melalui telepon.
• Perusahaan penerbangan Lufthansa dan Boeing memiliki informasi pemeliharaan yang lengkap di WEB untuk digunakan oleh karyawan di bidang jasa di seluruh dunia. Boeing juga memberikan akses online ke hampir semua informasi rekayasanya yang terbaru.
• Integrated Technologies Ltd., sebuah perusahaan manufaktur Inggris yang memproduksi peralatan diagnostic medis, saling bertukar model desain 3-D secara langsung dengan kliennya di Eropa melalui sebuah situs internet yang diamankan dengan password. Praktik ini memungkinkan pelanggan untuk meninjau ulang aspek teknis produk, dan juga melakukan analisis yang lebih canggih-seperti simulasi tekanan, atau aliran di sepanjang katup
• Dan lain-lain

II. ELECTRONIC COMMERCE
Perdagangan elektronik (e-commerce) atau persamaannya, e-business adalah penggunaan jaringan computer, terutama internet, untuk membeli dan menjual produk, jasa dan informasi. E-commerce adalah serangkaian jasa elektronik yang cepat dan murah. Walaupun e-commerce menyiratkan informasi antar-bisnis, teknologi ini juga dapat diterapkan di antara bisnis dan konsumen, dan tentu saja antar-konsumen itu sendiri. Sejumlah aplikasi bisnis terbukti melintasi aktivitas bisnis yang ada, mulai dari pekerjaan menelusuri perilaku konsumen dalam fungsi pemasaran, ke kerja sama dalam desain produk pada fungsi produksi, hingga ke percepatan transaksi dalam fungsi akuntansi
Definisi E-Commerce :
Bisnis ke bisnis, hal ini berarti kedua pihak yang melakukan transaksi adalah perusahaan, organisasi nirlaba, atau pemerintah
Bisnis ke konsumen, definisi ini berarti transaksi e-commerce merupakan transaksi di mana para pembeli merupakan konsumen individu
Konsumen ke konsumen, Disini konsumen menjual secara langsung satu sama lain melalui iklan elektronik atau situs pelelangan.
Konsumen ke bisnis, Dalam kategori ini individu menjual barang-barang atau jasa ke perusahaan.



III. EKONOMI E-COMMERCE
E-Commerce melakukan revolusi pada manajemen operasi dengan mengurangi biaya secara efektif. Pengurangan biaya ini dilakukan dengan cara memperbaiki komunikasi dan membagikan informasi yang secara ekonomis berharga. Penyedia e-commerce adalah perantara baru yang menurunkan biaya transaksi. Perantara ini lebih murah dan lebih cepat dibandingkan perantara tradisional. E-commerce meningkatkan efisiensi ekonomi dengan mempertemukan pembeli dan penjual. E-commerce memudahkan pertukaran informasi, barang dan jasa. Efisiensi tambahan ini mengurangi biaya bagi setiap orang, juga mengurangi penghalang untuk masuk ke dunia bisnis. E-commerce membuka pintu organisasi besar dan kecil pada dunia bisnis yang sebelumnya tidak tersedia. Informasi yang sempurna merupakan penyumbang efisiensi terbesar, dan e-commerce sedang memindahkan ekonomi dunia mendekati apa yang disebut ahli ekonomi sebagai pasar yang sempurna. Keterbatasan waktu yang tidak dapat dipisahkan dalam banyak transaksi, dapat dihilangkan. Perusahaan atau individu pada sisi lain transaksi tidak harus selalu siap setiap saat. Kenyamanan yang didapatkan kedua belah pihak meningkat karena gudang elektronik yang murah dibangun pada system e-commerce. Informasi, transaksi, dan kreativitas dalam cara berkomunikasi belum pernah semudah atau semurah saat ini.
Penerapan Businesss To Business (B2B) menawarkan jenis informasi berikut ini :
• Produk – gambar, spesifikasi,vodeo, atau demonstrasi simulasi, harga
• Proses Produksi – kapasitas, komitmen, rencana produk
• Transportasi – ketersediaan alat angkut, lead time, biaya
• Persediaan – penelusuran, tingkat, biaya dan penempatan persediaan
• Pemasok – katalog produk, sejarah mutu, lead time, persyaratan, dan ketentuan
• Aliansi rantai pasokan – kontak penting, peranan, tanggung jawab mitra,,jadwal
• Proses dan kinerja rantai pasokan – uraian proses, pengukuran kinerja seperti mutu dan pengiriman
• Pesaing – benchmarking, penawaran produk, pangsa pasar
• Penjualan dan Pemasaran – masukkan data titik penjualan, promosi, penetapan harga, potongan harga.
• Pelanggan – sejarah dan prediksi penjualan
• Biaya – indeks pasar, hasil lelang

Kelebihan e-commerce
• Informasi lebih baik dan biaya lebih murah, yang menjadikan para pembeli dan penjual lebih berpengetahuan, memiliki kekuatan untuk menurunkan biaya.
• Biaya masuk yang lebih rendah meningkatkan penyebaran informasi
• Tersedia selama 24 jam sehari, hampir diseluruh dunia, memungkinkan transaksi yang mudah dan nyaman bagi yang memerlukannya
• Ketersediaan membuka pasar yang lebih luas baik bagi pembeli maupun penjual.
• Mengurangi biaya untuk menciptakan, mengolah, mendistribusi, dan menarik informasi.
• Mengurangi biaya komunikasi
• Komunikasi yang lebih kaya dibandingkan dengan komunikasi melalui kertas dan telepon karena menggunakan klip video, suara dan demonstrasi
• Pengiriman produk digital yang cepat, seperti gambar, dokumen dan software
• Meningkatkan fleksibilitas lokasi

Keterbatasan e-commerce
• Kurangnya keamanan, keandalan dan standar system
• Kurangnya keleluasaan pribadi
• Kurangnya band width ( jumlah informasi yang dimiliki saluran telepon atau computer dalam satu waktu); beberapa transaksi masih agak lambat
• Mengintegrasikan software e-commerce dengan software dan data base yang ada masih merupakan suatu tantangan.
• Ketidakpercayaan pada :
• integritas lawan transaksi yang tidak dikenal
• integritas transaksi tersebut
• uang elektronik yang hanya berupa bytes

IV. DESAIN PRODUK
Siklus hidup produk yang lebih pendek membutuhkan siklus pengembangan produk yang lebih cepat dan mengarah ke kompetensi berdasarkan waktu. E-commerce semakin mempercepat kompetisi bisnis berdasarkan waktu. Bagaimanapun manajer operasi mendapati bahwa kerjasama e-commerce dalam desain produk dan proses yang dilakukan oleh tim tidak hanya lebih murah, tetapi juga menghasilkan keputusan yang lebih baik dan lebih cepat.
Alat komunikasi dan kolaborasi yang baru menjadikan perubahan teknis dan manajemen konfigurasi meluas hingga ke rantai pasokan. Data akurat yang diberikan kepada para pemasok, subkontraktor, dan mitra strategis menjadi lebih penting dengan adanya globalisasi dan rantai pasokan yang meluas. Kompleksitas dalam mengelola pengembangan produk dan pendefinisian produk meningkat sejalan dengan beralihnya tanggung jawab desain dari sebuah tim yang terpusat menjadi tim pengembangan produk yang tersebar di seluruh dunia.

V. E-PROCUREMENT
Pembelian atau pemesanan yang dikomunikasikan melalui internet atau katalog online vendor yang telah disetujui.
Katalog Online
Katalog online (online catalog) adalah informasi mengenai produk dalam bentuk elektronik melalui internet. Katalog online secara cepat memperbaiki proses pembandingan harga dan proses penawaran. Katalog elektronik ini dapat memperkaya catalog tardisional dengan cara menambahkannya dengan suara dank lip video. Katalog online tersedia dalam tiga versi : (1) catalog yang disediakan oleh vendor, (2) catalog yang dibuat oleh para perantara, dan (3) catalog yang disediakan oleh para pembeli.
1. Katalog yang disediakan oleh vendor
Contoh : www.Grainger.com , merupakan penjual MRO (maintenance, repair, operation). Grainger merubah model bisnisnya dan memindahkan catalog 4.000 halaman menjadi online. Katalog online diintegrasikan ke dalam agenda penjual dan pelayanan perusahaan, yang membuatnya mudah digunakan dan informative, dengan harga yang pantas dan ketersediaan barang. Sistem penerimaan pesanan 24 jam. Katalog ini merupakan sebuah kondisi yang saling menguntungkan bagi manajer operasi dan Grainger. Karyawan operasi mendapati catalog online lebih mudah digunakan dan tersedia kapan saja diperlukan. Lebih dari itu, rata-rata jumlah pesanan meningkat hampir 50%.

2. Katalog yang dibuat oleh para perantara
Para perantara (intermediaries) adalah perusahaan yang mengelola sebuah situs dimana para pembeli dan penjual bertemu. Contoh : ProcureNet (www.procureNet.com). ProcureNet mengkombinasikan 30 situs penjual dengan lebih dari 100.000 komponen bagi industri elektronik.
3. Katalog yang disediakan oleh para pembeli
Pesanan mengalir melalui faks atau telepon ke ribuan distributor dan manufaktur. Untuk produk-rpoduk ternama justru konsumen yang aktif mencari dan memesan. Model ini sangat menekan harga dan meningkatkan efeisiensi transaksi, karena produsen tidak perlu mempromosikan produk.


VI. PENELUSURAN PERSEDIAAN
Usaha kepeloporan FedEX dalam menelusuri paket mulai dari pengambilan hingga pengiriman telah menunjukkan cara bagi manajer operasi untuk melakukan hal yang sama dalam proses pengiriman dan persediaan mereka. Dapat dipastikan jika FedEx dapat menelusuri berjuta-juta dokumen setiap hari di seluruh dunia, maka para manajer operasi dalam perusahaan lain juga dapat melakukannya.
VII. PENGURANGAN PERSEDIAAN
Penggudangan untuk e-commerce
Gudang e-commerce yang baru tidak dikelola oleh produsen, tetapi oleh vendor logistic. Gudang hanya menyerupai “fasilitas lewat”. Bekerja sama dengan United Parcel Service, Nike Inc. menggunakan fasilitas seperti itu di Louisville, Kentucky, untuk menangani pesanan online. Gudang FedEx yang ditempatkan di sebelah bandara Memphis dapat menerima pesanan setelah toko ditutup pada sore hari, lalu mencari, mengemas dan mengirim barang pesanan pada malam hari itu juga.
Pengiriman Just In Time untuk E-Commerce
Sistem just in time dalam manufaktur berdasarkan kepada pendapat bahwa komponen dan material akan dikirimkan tepat waktu. Perdagangan elektronik dapat mendukung tujuan ini dengan mengkoordinasikan system persediaan pemasok dengan kemampuan pelayanan perusahaan pengiriman.
FedEx memiliki sejarah yang singkat tetapi sukses dalam menggunakan internet untuk menelusuri paketnya secara online dalam dunia e-commerce. Pada tahun 1996 perusahaan meluncurkan FedEx InterNet Ship yang dalam 18 bulan memiliki 75.000 pelanggan. Seorang pelanggan FedEx.com sekarang dapat menghitung biaya pengiriman mencetak label, melakukan penyesuaian faktur, dan menelusuri status paket, semuanya pada situs Web yang sama (FedEx menghemat $3 untuk setiap pertanyaan melalui web dibandingkan melalui telepon). FedEx juga memainkan peranan penting bagi proses logistic perusahaan lain. Dalam beberapa kasus, FedEx menjalankan server untuk situs Web pedagang eceran. Pelayanan B2B FedEx disebut “pesanan virtual’, mengintegrasikan katalog Web perusahaan dan pesanan pelanggan yang berbeda-beda untuk Dell. Kemudian FedEx memenuhi dan mengantarkan pesanan melalui armada truk dan pesawatnya. FedEx secara aktif memperlihatkan bahwa perusahaan jasa e-commerce dapat mengelola transaksi yang kompleks bagi perusahaan lain secara ekonomis.

VIII. PENINGKATAN PENJADWALAN DAN LOGISTIK
Pengambilan dan Pengiriman Terkoordinasi
FedEx menjaga suatu pandangan terpadu dari data yang berada di berbagai tempat yang berbeda dalam jaringannya, sehingga penelusuran dan koordinasi pesanan bagi pelanggannya dapat lebih baik. Hal ini mendorong perusahaan kearah model pengambilan (pick-up) dan pengiriman (delivery) terkoordinasi yang baru. Model ini bekerja sebagai berikut ; Cisco dan FedEx membuat sebuah aliansi di mana FedEx mengambil dan mengirim komponen Cisco pada tempat dan waktu yang diperlukan. E-commerce memungkinan FedEx untuk mengetahui sedang menuju ke mana setiap paket Cisco dan kapan paket tersebut dapat tersedia untuk dikirim. FedEx kemudian mengantarkan paket secara tepat, kapan dan di mana mereka dibutuhkan untuk dirakit dan dipasang.
Pengurangan Biaya Logistik
Data terbaru menunjukkan bahwa industri pengangkut motor mempunyai rata-rata utilitas kapasitas hanya sebesar 50%. Biaya fasilitas yang dimanfaatkan kurang dari kapasitasnya telah membebani ekonomi Amerika Serikat lebih dari $ 31miliar per tahun. Untuk meningkatkan efisiensi logistic, Schneider National membuat sebuah situs Web(scheneider Connection di www.schneider.com) agar para pengirim dan pemilik truk dapat menyesuaikan waktu untuk menggunakan sebagian dari kapasitas yang tidak terpakai ini. Pengiriman dapat memilih salah satu dari ribuan pengangkut yang telah terdaftar pada Schneider Connection. Kesempatan bagi para manajer operasi untuk menggunakan teknologi e-commerce untuk mengurangi biaya logistic sangat berarti.

Sumber yang melengkapi:
www.unsri.ac.id
d_ikasari.staff.gunadarma.ac.id
bogor.olx.co.id /
bisnis-e-comerce.iid
spicaalmilia.files.wordpress.com
www.conferencealerts.com
ww.one.indoskripsi.com
www.itb.ac.id
amwibowo@excite.com
www.geosities.com
www.pksm.mercubuana.ac.id
dll.

2 komentar:

  1. nih gan example e-comerce yang bisa kita sebagai mahasiswa menerapkan :)
    mudah dan terjangkau..
    chek this out => www.kiostiket.com

    BalasHapus