Selasa, 11 Agustus 2009

Manfaat pelajaran Teknologi Ilmu dan Komunikasi dalam Pendidikan dan Kehidupan Sehari-hari


Manfaat Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan dan Kehidupan Sehari-hari

Ternyata banyak sekali manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kehidupan kita sehari-hari.Misalnya dalam bidang pendidikan. Dengan pendidikan dimungkinkan terjadinya penyebarluasan Teknologi Informasi dan transformasi ilmu pengetahuan untuk sektor-sektor pendidikan. Para siswa yang duduk di bangku sekolah dan mahasiswa juga terbantu dengan adanya internet dalam mengerjakan tugas sekolah atau tugas kuliah. Para mahasiswa dapat mencari bahan skripsi di internet atau para siswa mencari bahan tugas makalahnya di internet. Dengan adanya pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di sekolah, para siswa dapat belajar dan memanfaatkan TIK dalam kehidupan mereka sehari-hari dengan baik.
Perkembangan Teknologi kian bertambah pesat. Apalagi dengan adanya komputer. Teknologi Informasi dan Komunikasi seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Banyak manfaat yang di dapat dari semua itu. Kita dapat mengenal Teknologi Informasi dan Komunikasi dari pelajaran yang diterima di sekolah. Pelajaran yang lazin disebut TIK ini sudah diterima sejak TK hingga jenjang perguruan tinggi. Banyak software dalam komputer yang memberikan manfaat untuk kita. Pembelajaran yang diberikan oleh guru pun dapat dipelajari dengan mudah. Pendidikan memungkinkan terjadinya penyebarluasan teknologi informasi dan transformasi ilmu pengetahuan bagi sektor-sektor pendidikan. Sementara economy dapat mendorong usaha kecil dan menengah pedesaan agar dapat mendapatkan nilai lebih, serta menggerakan roda perekonomian desa.




Cobalah rasakan manfaatnya jika penduduk desa dapat mencari informasi terbaru mengenai benih padi unggul, bibit unggul tanaman budidaya lainnya atau informasi komoditas hortikultura unggulan. Begitu juga dengan para peternak yang dapat mengetahui tentang primadona produk unggulan peternakan. Tentunya bakal meningkatkan taraf hidup masyarakat pedesaan.
Untuk e-education, kita sudah mengenal program Internet Goes to School, Community Access Point, e-Learning, Smart Campus dan generasi Baru Guru Indonesia, yang dilansir salah satu operator terbesar di Tanah Air. Bahkan untuk mempercepat penyebaran teknologi informasi ke wilayah-wilayah pedesaan. Internet dapat membuka peluang dan memberikan manfaat yang sangat banyak, termasuk dalam bidang keagamaan.
Keberadaan teknologi komunikasi dan informasi, terutama internet, mampu membuat batas-batas Negara dan budaya menjadi tidak lagi relevan. Untuk menghindari munculnya ekses-ekses negative, yang harus kita lakukan adalah membentengi iman sekuat mungkin.
Pemerintah juga harus menyiapkan perangkat peraturan terkait pembatasan kebebasan akses internet. Akses yang terlalu bebas bisa berakibat fatal bagi perkembangan masyarakat, terutama di daerah yang haus akan informasi.
Mengingat dalam Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik yang disyahkan pemerintah pada 25 maret 2008 yang lalu, masih jauh dari keinginan masyarakat akan adanya pembatasan akses pornografi.
Harus kita sadari, teknologi informasi dan komunikasi, khususnya internet, hanyalah merupakan alat bantu saja dan bukan menjadi solusi dalam dunia pendidikan, formal maupun non formal. Bagaimanapun pendidikan yang bermutu didapat dari para pendidik yang bermutu plus dukungan pemerintah, dengan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa didik
Blogsite Sebagai Media Tulisan Share Informasi di Sekolah
Blog dapat dikategorikan sebagai e-learning.Sebuah blog dapat dijadikan media belajar interaktif, misalnya guru di sebuah sekolah membuat blog yang isi atau konten sebuah blog menyangkut mata pelajaran yang diajarkan oleh guru tersebut.Kemudian ada siswa yang mengakses blog tersebut,lalu siswa tersebut berkomentar di blog, sehingga terjadi komunikasi dalam sebuah blog tanpa bertatap muka secara langsung.Blog juga bisa dijadikan sebagai media sharing/tukar pendapat antara guru dengan siswa sehingga tidak terjadi pembelajaran yang membosankan karena adanya saling interaksi antara guru dengan siswa.Siswa juga bisa menyampaikan pendapatnya tentang pengajaran yang dilakukan oleh guru tersebut sehingga nantinya pihak guru meningkatkan kinerjanya dalam mengajar.
Kita harus tahu bahwa untuk memanfaatkan TIK dalam hal pembelajaran tidak semudah dibayangkan.Perlu beberapa syarat yang harus dipenuhi demi terwujudnya pemanfaatan TIK dalam pembelajaran,diantaranya :
-Adanya akses teknologi internet untuk guru maupun siswa,baik di dalam kelas,sekolah,maupun lembaga pendidikan guru,
-Adanya materi yang bermutu bagi guru dan siswa,
-Guru harus harus produktif terhadap perkembangan TIK.
Selain itu,untuk menghindari pemanfaatan teknologi yang kurang bermanfaat apalagi dalam hal negatif oleh siswa karena pembelajaran TIK antar siswa dengan cepat maka mengarahkan pemanfatan TIK dalam pembelajaran menjadi sangat penting sehingga siswa disibukkan dengan eksplorasi subjek positif dalam penggunaan TIK.Bentuk nyatanya dapat berupa penugasan pencarian artikel,sumber bacaan,atau pengiriman tugas(PR) melalui e-mail
Dan juga harus tercipta kemudahan akses internet di lingkungan yang terkontrol seperti di sekolah atau rumah melebihi kemudahan akses di tempat umum seperti warnet agar aktivitas on-line siswa lebih terkontrol.
Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya :
-Presentasi
-Demonstrasi
-Kelas Virtual

Hubungan antara Menulis di Blogsite,E-mail,Browsing Internet dengan Proses Belajar di Sekolah
Blog sekarang memang menjadi tempat bagi semua orang seperti pelajar untuk munumpahkan semua ilmu dan aktifitas sehari-harinya.Dengan menulis di Blog kita dapat :
-Mengembangakan kreatifitas kalian dalam menulis.Selain itu apabila tulisan kalian bagus maka kita akan mendapatkan komentar sebagai bentuk penghormatan terhadap tulisan kita,
-Mempersiapkan diri kita untuk bersaing di dunia global yang menuntut kita terjun dalam teknologi, nah apabila kita terbiasa menulis di Blog maka kita akan terbiasa menggunakan teknologi dalam menjalani kehidupan.
Dengan e-mail,kita bisa mengirimkan tugas yang diberikan oleh guru tanpa harus bertatap muka langsung.Dan dengan menjelajah internet,kita akan tahu banyak hal yang bisa di dapat melalui internet seperti mencari artikel yang berkaitan dengan mata pelajaran di sekolah.Ini semua sangat menunjang sekali terhadap proses belajar di sekolah.
Hasil yang Diperoleh Jika TIK Dimanfaatkan untuk Pembelajaran di Sekolah
Melalui TIK,siswa diharapkan dapat:
1. Menggunakan perangkat TIK untuk mencari,mengeksplorasi, menganalisis,dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif.
2. Dengan cepat mendapatkan ide dan pengalaman dalam memanfaatkan TIK.
3. siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari TIK sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis TIK, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan TIK, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan sehari¬hari secara mandiri danlebih percaya diri.
6. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan TIK untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan sehari¬-hari.
Dari hasil pengamatan ke beberapa sekolah di kota Bandung untuk tingkat SD beberapa sekolah sudah memiliki laboratorium komputer. Namun karena sumber daya manusia belum mendukung, kebanyakan mereka mendatangkan guru dari luar. Dari pengamatan nampak bahwa yang diajarkan terfokus pada pengajaran komputer dengan perangkat lunak tertentu, sedangkan TIK sendiri menurut kurikulum 2004 bukanlah komputer. Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi menurut kurikulum TIK 2004 yaitu agar siswa dapat menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap inisiatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan yang baru. Berdasarkan visi kurikulum TIK adalah untuk menciptakan siswa yang mampu mengatur diri dalam belajarnya.
Dalam pelajaran TIK sekolah umumnya menyediakan peralatan TIK yaitu komputer. Salah satu keunggulan komputer adalah dukunagn multimedia didalamnya. Aplikasi Myltimedia pembelajaran dapat menyajikan konsep dan keterampilan tingkat tinggi dalam pembelajaran, yang memiliki keterkaitan antara satu unsur dan unsur lainnya yang sulit diajarkan dan dipelajari melalui buku semata. Kelebihan aplikasi multimedia interaktif pembelajaran dalam menjelaskan suatu konsep dapat menuntut siswa untuk bereksplorasi dan menganalisis, mencoba dan menggali konsep dan prinsip yang termuat dalam suatu materi yang dihadapinya, sehingga dapat relatif lebih cepat membangun struktur pemahaman siswa, karena terintegrasinya komponen-komponen seperti suara, teks, animasi, gambar, dan video berfungsi untuk mengoptimalkan peran indera dalam menerima informasi kedalam sistem memori.
Untuk lebih mengenalkan segala sesuatu mengenai TIK,maka untuk anak sekolah perlu di masukkan dalam pembelajaran. Pembelajaran TIK sendiri sangatlah bermanfaat untuk kehidupan kelak di masa depan. Karena perkembangan jaman sangatlah cepat. Untuk itu kita pun harus mengikuti perkembangan jaman tersebut. Dengan TIK,kita dapat mengetahui segala sesuatu yang ada di dunia luar. dan kita juga dapat mengikuti perkembangan jaman tersebut.
Mempelajari TIK sangatlah mudah bila kita mengenal TIK sejak dini. Dengan mempelajari TIK kita mampu menguasai berbagai hal yang sangat membantu kita di kehidupan yang mendatang. Seperti contohnya pada saat kita akan mencari pekerjaan. Karena sebagian besar pekerjaan yang di inginkan (mapan) di perlukan keterampilan dalam mengoperasikan computer, atau kemampuan dalam TIK.
Dengan TIK kita juga bisa membantu orang lain dalam berbagai hal. membantu mempercepat komunikasi dengan berbagai tekhnologi yang kita pelajari dalam TIK.
Oleh karena itu dapat di simpulkan bahwa TIK sangatlah bermanfaat untuk kita di jaman yang akan datang maupun sekarang. Dengan mempelajari TIK kita juga dapat mengetahui berbagai perkembangan jaman. Dan kita juga dapat lebih mengenal dunia luar,juga dapat membantu banyak hal. Oleh karena itu,bila kita ingin menjadi orang yang lebih berkembang,maka cobalah mempelajari TIK untuk di sendiri dan untuk orang lain..


sumber yang melengkapi:
Http://jackjaxjacks.wordpress.com
http://wandoekz.wordpress.com
http://coworese.wordpress.com
http://chintcha.wordpress.com
http://deadisini.wordpres.com
http://gresi.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar